#KALAMUN QODIM ; Dari Siapa ? Apa Faidahnya?
AGAR MUDAH MENGHAFAL DAN MENYIMPANYA DALAM HATI .

قال الشاذلي رضي الله عنه:
إن قراءة هذه الأبيات قبل البدء بحفظ القرآن سبب لتيسير الحفظ وثباته في الذهن بإذن الله وهي:

“Berkata Asy Syadzili; bahwa Bait syair ini apabila dibaca sebelum memulai hafalan Al Quran, akan memudahkan hafalan dan menuatkan daya ingat dg izin Alloh;

گلام قديم لا يمل سماعه
Kalâmun qodîmu lâ yumallu samâ’uhu
AlQuran adalah kalamullah yang qadim yang tidak ada kebosanan untuk didengarkan.

تنزه عن قول وفعل ونية
Tanazzaha ‘an qoulin wa fi’lin wa niyyati
Yang disucikan dari ucapan, perbuatan dan kehendak.

به أشتفی من کل داء ونوره
Bihi asytafî min kulli dâ-in wa nûruhu
Dengan Al quran itu aku minta kesembuhan dari segala penyakit dan cahaya Alquran.

دليل لقلبی عند جهلی وحيرتی
Dalîlun liqolbî ‘inda jahlî wa hairotî
Itu menjadi petunjuk hatiku ketika aku dalam kebodohan dan kebingungan.

فيا رب متعنی بسر حروفه
Fayâ robbi matti’nî bisirri hurûfihi
Wahai Tuhanku, anugrahilah aku dengan rahasia dalam huruf Alquran.

ونوربه قلبی وسمعی ومقلتی
Wa nawwir bihi qolbî wa sam’î wa muqlatî
Dan berilah cahaya dihatiku, pendengaran dan mataku berkat Alquran.

DARI SIAPAKAH SYAIR DOA INI ?

3 Syair ini ditulis oleh Sayyid Nuruddin Ali bin Muhammad bin Ali bin Abdirrohman bin Iroq al-Kinàni, sedangkan bila ada tambahan syair setelahnya adalah gubahan atau tambahan guru-guru alqur'an.

Beliau ini populer dengan panggilan Ibn Iroq Al- Kinàni, yang lahir pada tahun 907 H dan wafat pada tahun 963 H. Sejarawan Al-Zarkali menerangkan bahwa Ibn Iroq Al-Kinani adalah orang àlim di bidang fiqih, tasawuf, hadits dan sebagai kritikus sastra. Dia sangat produktif dalam menulis kitab dan syair-syair. Salah satu karya besarnya adalah Senandung Kalamun Qodimun tersebut.

Al-Kinani itu punya silsilah keilmuan sufi yang bersambung kepada Sayyid Muhammad bin Sulaiman Al-Jazuli, penulis kitab kumpulan sholawat yang berjudul “Dalailul Khoirot”, kitab yang sangat populer di kalangan kiai-kiai dan santri NU.

IBNU IRAQ AL KINANIY BERAQIDAH ASY'ARIYAH
Syair 3 bait ini bertauhid sangat mendalam dengan aqidah imam Asy'ariya dan Maturidiy yang paten dianut oleh ahlus sunnah wal jamaah ala madzahibil arba'ah.

Al-Jazuli dan Al-Kinani itu penganut madzhab Maliki dalam fiqih dan madzhab Asy’ari dalam ilmu kalam (tauhid).

Keduanya juga penganut Thoriqoh Syadziliyah, yaitu thoriqoh yang didirikan oleh Syekh Abul Hasan Syadzili, thoriqoh yang berkembang pesat di Indonesia. As-Syadzili mempunyai murid Syekh Abul Abbas Al-Mursi.

Al- Mursi mempunyai murid Ibn Athoillah As-Sakandari penulis kitab Al-Hikam yang mashur itu. Kesinambungan Al-Kinani dengan para masyayikh itulah yang menyebabkan senandung Kalamun Qodimun menjadi populer di kalangan muslimin Ahlussunnah waljamaah di Indonesia.


*
قال الشاذلي رضي الله عنه: إن قراءة هذه الأبيات قبل البدء بحفظ القرآن سبب لتيسير الحفظ وثباته في الذهن بإذن الله وهي:
كلام قديم لا يمل سماعه تنزه عن قول وفعل ونية
به أشتفي من كل داء ونوره دليل لعقلي عند جهلي وحيرتي
فيا رب متعني بسرحروفه ونور به عقلي وسمعي ومقلتي.

___
المكتبة الإسلامية
ارشيف ملتقي اهل التفسير (صفحة 745)

أراد الناظم أن يقول في البيت الأول:
ـ إن كلام الله ليس بحرف ولا صوت.
ـ وإلى أنه غير مخلوق.
ـ وإلى أنه غير حال في شيء مخلوق.

فأشار إلى ذلك كله بقوله: "قديم" ثم فصل وأكد تنزهه عن الحرف والصوت بقوله: "تنزه عن قول" وأشارة إلى أنه غير مخلوق بقوله: "وفعل" وأشار إلى أنه غير حال في شيء مخلوق بقوله: "ونيتي".

وقائل الأبيات هو ابن عراق الكناني الدمشقي وهو أشعري

Allohu a'lam